Acelin Baby Care menghadirkan layanan Jasa Perawatan Luka Jahitan Melahirkan di Jogja buat bunda. Baik melaahirkan Normal maupun Cesar. Bunda perlu merawat luka jahitan setelah melahirkan, terutama ketika dokter melakukan tindak medis episiotomi kala persalinan normal. Episiotomi membuat pembukaan vagina sedikit lebih lebar, memungkinkan bayi melewatinya dengan lebih mudah. Perineum wanita bisa robek saat bayi keluar. Dengan episiotomi, dapat membantu mencegah robekan yang parah atau mempercepat kelahiran jika bayi perlu dilahirkan dengan cepat.

Proses melahirkan normal bisa menyebabkan perineum (area antara vagina dan anus) robek, sehingga perlu dijahit. Agar jahitan setelah melahirkan cepat sembuh, kami memberikan layanan Jasa Perawatan Luka Jahitan Melahirkan di Jogja bun.

Perawatan Luka Jahitan Melahirkan Jogja

Mengapa Perlu Jasa Perawatan Luka Jahitan Melahirkan di Jogja

Dokter atau bidan sering melakukan jahitan pasca melahirkan normal untuk memperbaiki luka pada vagina dan perineum (daerah antara vagina dan anus) akibat bersalin. Selama pemulihan, ibu yang baru saja melahirkan perlu merawat jahitan ini dengan baik agar tidak mengalami infeksi.

Sebelum mencari tahu lebih lanjut mengenai perawatan atau cara merawat luka jahitan perineum setelah melahirkan, pahami dulu penyebab robeknya vagina saat melahirkan.

Hal ini mungkin terdengar mengkhawatirkan, tetapi biasanya robekan yang terjadi pada perineum tidak parah. Biasanya, dokter kandungan atau bidan akan memeriksa dengan hati-hati untuk melihat apakah terjadi robekan setelah proses persalinan Bunda.

Apa Aja penyebab Episiotomi perlu Dilakukan

Jasa Perawatan Luka Jahitan Melahirkan JogjaPerlu diingat lebih dulu, sebenarnya tidak semua ibu hamil mengalami robekan saat persalinan normal. Ada pula yang mengalami robekan, tetapi tidak sampai membutuhkan jahitan. Semua ini tergantung dari tahap episiotomi yang dialami.

Jahitan episiotomi sendiri merupakan jahitan yang dibuat sebagai hasil dari robekan perineum. Ada beberapa hal yang menyebabkan episiotomi perlu dilakukan saat persalinan normal, yaitu:

  1. Kelahiran bayi pertama Anda
  2. Posisi bayi sungsang
  3. Berat bayi lebih dari 4 kg
  4. Bayi lahir dengan alat bantu

Pasca masa persalinan normal maupun cesar, salah satu hal penting yang perlu Bunda perhatikan adalah Jasa Perawatan Luka Jahitan Melahirkan di Jogja. Dengan begitu, penyembuhannya pun akan menjadi lebih cepat.

Baca Juga:

Jasa Perawatan tali Pusar di Jogja

Beberapa Hal yang Perlu Bunda Ketahui

Sebelum dilakukan upaya penjahitan, dokter atau bidan akan memeriksa seberapa parah robekan yang terjadi pada Miss V. Sebab, ada empat tahap robekan yang perlu diketahui setelah persalinan. Antara lain:

1. Tahap Pertama
Robekan kecil pada Miss V dan akan sembuh tanpa jahitan.

2. Tahap Kedua
Yakni robekan lebih dalam sehingga merobek otot dan kulit. Tahap ini bisa sembuh secara alami meski membutuhkan waktu lama, atau memerlukan jahitan untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Tahap Ketiga
Yakni robekan dalam dan parah. Pada tahap ini, robekan bisa memengaruhi kulit dan otot perineum, serta bisa mencapai otot di sekitar anus. Itu mengapa robekan tahap ketiga memerlukan jahitan untuk membantu proses penyembuhan. Robekan ini hanya dialami 1 dari 100 wanita.

4. Tahap Keempat
Yakni robekan semakin dalam dan parah hingga melebihi otot anus dan mencapai usus. Robekan tahap keempat ini selalu memerlukan jahitan. Robekan ini hanya dialami 1 dari 100 wanita.